Pie Spi

Resistensi insulin mengacu pada sejauh mana jaringan tubuh manusia mampu merespons insulin. Resistensi insulin yang tinggi memungkinkan jaringan tubuh menggunakan insulin secara lebih efisien, mengurangi glukosa dalam aliran darah. Sejumlah perubahan gaya hidup dan pola makan dapat membantu membalikkan resistensi ini.

Sangat penting bagi Anda untuk memahami apa yang dilakukan makanan dan diet Anda terhadap tubuh Anda dan bagaimana insulin dilepaskan. Saat insulin dilepaskan, pankreas mulai membuat insulin, yang melewati aliran darah dan masuk ke dalam sel. Dalam proses ini, insulin dipecah menjadi gula yang kemudian digunakan oleh sel untuk menyediakan energi dan menghasilkan berbagai reaksi kimia. Ketika pankreas tidak mampu menghasilkan cukup insulin untuk menyediakan energi bagi sel, hal itu dapat merusak selnya sendiri.

Tubuh memproduksi lebih sedikit insulin ketika jumlah glukosa dalam aliran darah meningkat. Semakin banyak glukosa dalam aliran darah, semakin banyak insulin yang dibutuhkan untuk membuat sel menggunakan glukosa sebagai energi. Bagi kebanyakan orang, sensitivitas insulin tinggi sekitar tiga puluh hingga lima puluh persen, tetapi ini akan bervariasi berdasarkan gen individu.

Resistensi insulin terjadi ketika pankreas memproduksi insulin dalam jumlah yang lebih rendah dari biasanya untuk orang tertentu. Artinya glukosa akan berada di aliran darah lebih lama, sehingga mempersulit pankreas untuk mengubah glukosa menjadi insulin. Karena pankreas tidak dapat mengubah glukosa menjadi insulin secepat yang seharusnya, akibatnya adalah peningkatan kadar gula dalam aliran darah, yang juga dikenal sebagai hiperglikemia atau hiperinsulinemia.

Cara terbaik untuk membalikkan resistensi insulin adalah dengan mengubah makanan dan pola makan yang Anda konsumsi. Diet terbaik adalah yang memiliki kalori paling sedikit. Anda perlu menghilangkan atau mengurangi makanan seperti makanan berlemak dan gorengan, roti putih, makanan olahan, sereal bergula, pasta, produk susu tinggi lemak, dan alkohol. Jika memungkinkan, gantilah makanan tersebut dengan makanan seperti sayuran dan biji-bijian.

Makan lebih banyak protein. Padahal, mengonsumsi lebih banyak protein dapat membantu meningkatkan kadar insulin dan menurunkan resistensi insulin. Caranya adalah dengan memastikan bahwa protein tersebut berasal dari sumber selain sumber hewani seperti daging tanpa lemak. Selain itu, makan banyak buah dan sayuran seperti wortel, bayam, labu, kacang-kacangan, dan alpukat.

Sensitivitas insulin T juga dapat dikurangi dengan meningkatkan jumlah serat dalam makanan Anda. Makanan kaya serat termasuk biji-bijian, oatmeal, beras merah, dan kacang-kacangan seperti kenari dan kacang tanah. Buah-buahan dan sayuran adalah beberapa sumber serat, tetapi banyak buah-buahan ditemukan mengandung terlalu banyak serat untuk kebaikan mereka sendiri.

Resistensi insulin T juga dapat ditingkatkan dengan makan lebih banyak lemak. Jika memungkinkan, batasi konsumsi makanan berlemak dan yang digoreng, karena dikaitkan dengan kadar glukosa yang tinggi dalam aliran darah.

Resistensi insulin T juga dapat ditingkatkan dengan minum lebih banyak air, terutama teh, kopi, soda, dan bahkan anggur merah.

Resistensi insulin T juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi lebih banyak karbohidrat dalam makanan Anda. Jika Anda telah disarankan untuk melakukan ini, penting agar Anda menghindari makanan yang mengandung banyak gula, karena makanan ini tinggi gula rafinasi dan tinggi lemak.

Resistensi insulin T juga dapat ditingkatkan dengan makan lebih banyak daging merah. Anda bisa makan makanan yang kaya antioksidan, termasuk kacang-kacangan, beri, dan biji-bijian. Ini akan membantu meningkatkan kadar lemak sehat dalam darah Anda, membuat sel Anda lebih tahan terhadap efek insulin.

Mengapa Resistensi Insulin Dapat Ditingkatkan dengan Makan Lebih Banyak Lemak dan Protein Jika memungkinkan, gantilah

Resistensi insulin T juga dapat ditingkatkan dengan makan lebih banyak protein. Anda bisa makan makanan yang kaya antioksidan, termasuk kacang-kacangan, beri, dan biji-bijian. Ini akan membantu meningkatkan kadar lemak sehat dalam darah Anda, membuat sel Anda lebih tahan terhadap efek insulin.

Resistensi insulin T juga dapat ditingkatkan dengan makan lebih banyak daging merah. Jika Anda disuruh melakukan ini, penting bagi Anda untuk menghindari makanan yang mengandung banyak gula, karena makanan ini tinggi gula rafinasi dan tinggi lemak.

Resistensi insulin T juga dapat ditingkatkan dengan makan lebih banyak protein. Anda bisa makan makanan yang kaya antioksidan, termasuk kacang-kacangan, beri, dan biji-bijian. Ini akan membantu meningkatkan kadar lemak sehat dalam darah Anda, membuat sel Anda lebih tahan terhadap efek insulin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *