Pie Spi

Sementara selenium telah lama digunakan untuk mencegah beberapa bentuk kanker, hanya ada sedikit bukti yang membuktikan bahwa ini seefektif yang diklaim. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari diet harian Anda, penting untuk mengikuti rencana diet apa pun yang mungkin disarankan oleh penyedia layanan kesehatan Anda.

Selenium secara alami ada dalam makanan, dan itu hadir dalam jumlah yang sangat kecil di beberapa tanaman, seperti sayuran berdaun hijau, bayam, dan brokoli. Sumber selenida yang paling umum adalah telur, kedelai, hati, daging sapi, kalkun, kerang, kacang-kacangan dan biji-bijian. Satu telur mengandung sekitar 20 mg selenide, menurut USDA. Namun penelitian tersebut belum pernah dilakukan pada jenis makanan lain.

Seperti kebanyakan makanan, sumber terbaik manfaat selenide adalah yang berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta makanan laut, yang mungkin rendah selenide. Makanan biji-bijian utuh lebih rendah kalori daripada biji-bijian olahan, dan mengandung lebih sedikit kalori per gram protein. Mereka juga mengandung lebih sedikit kalori per gram karbohidrat dan lemak jenuh.

Apakah Selenium Mengurangi Risiko Penyakit Jantung? Selenium secara

Telur, kedelai, dan hati adalah sumber yang kaya akan manfaat selenide, begitu juga sayuran segar. Sayuran berdaun hijau dan bayam mengandung selenide yang sangat tinggi. Makanan laut mungkin juga tinggi selenide, tetapi bisa bervariasi tergantung dari mana asalnya, dan bagaimana ia dibesarkan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari dosis harian selenium Anda, minumlah setengah sendok teh di pagi hari dan setengah sendok teh di malam hari, sebagai bagian dari makanan Anda. Konsumsi lebih banyak jika Anda merokok, menderita diabetes, atau kelebihan berat badan. Dokter Anda kemungkinan akan merekomendasikan Anda meminumnya dua kali sehari, dan sebagian besar penyedia kesehatan menyarankan agar wanita hamil dan orang yang memiliki riwayat gangguan tiroid mengambil dosis tinggi.

Manfaat selenide lainnya termasuk mencegah prostat dan kanker payudara. Bahkan dapat membantu mengurangi risiko pengembangan penyakit Alzheimer.

Sementara banyak ahli mengatakan bahwa vitamin C membantu mencegah perkembangan kanker, penelitian tentang vitamin C dan selenium tidak meyakinkan. Anda mungkin lebih sehat dengan mengambil kombinasi keduanya untuk hasil terbaik.

Meskipun manfaat selenide tidak konklusif, itu cukup untuk mendorong dokter Anda memberitahu Anda untuk meminumnya lebih banyak setiap hari. Jika Anda belum pernah mengonsumsi selenium sebelumnya, bicarakan dengan dokter Anda tentang manfaat dan risiko vitamin ini.

Selenium dan Vitamin E dapat membantu melawan kanker, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggabungkan keduanya dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit. Namun, efek selenium dan vitamin E pada kanker masih dipelajari, begitu pula jumlah dan jenis selenium yang direkomendasikan untuk penderita kanker.

Saat dikombinasikan dengan vitamin C, selenium dapat membantu mencegah pembentukan sel penyebab kanker dalam tubuh, menurut penelitian. Sebuah penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Texas di Houston menunjukkan bahwa ketika tikus diberi makan selenium dan vitamin C dalam dosis tinggi, pertumbuhan tumor pada tikus tersebut berkurang.

Ada kemungkinan bahwa selenium dan vitamin E dapat mencegah kemampuan enzim penyebab kanker yang memecah DNA, para peneliti telah menunjukkan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa vitamin dapat membantu memperlambat perkembangan kanker pada hewan di laboratorium, tetapi lebih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan. Selain pencegahan kanker, selenium juga dapat membantu dalam mengobati gejala penyakit yang melibatkan sistem kekebalan, seperti asma dan HIV.

Itu juga telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Ketika dokter di University of California di San Francisco menguji tikus tua, mereka menemukan bahwa tikus yang memiliki kadar vitamin yang rendah dalam darahnya menunjukkan tekanan darah yang lebih rendah dan fungsi jantung yang lebih baik, serta menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, selenium terbukti membantu mencegah perkembangan pembekuan darah di kaki, kemungkinan dengan memblokir aktivitas enzim pembekuan darah yang disebut homocysteine, yang dapat membentuk penggumpalan darah. Ini juga dapat memperlambat perkembangan hormon yang disebut waktu protrombin, yang berhubungan dengan serangan jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *